Rabu, 23 Februari 2011

Laporan Ujian Praktik


Perkenalan Thin Client Server Computing
TCSC merupakan suatu konsep jaringan yang menekankan pada proses komputasi disisi client yang bekerja seminimal mungkin dalam konsep TCSC, ada sisi server dan client (thin client) karena dapat menjalankan dibawah standart atau yang lama
Cara Kerja TCSC
konsep dasarnya adalah melakukan komputasi sesuai dengan Input dari sisi Thin Client dan mengirimkan hasil output berupa gambaratau display yang akan ditampilkan di monitor Thin Client tidak diperlukan kemampuan komputasi yang besar mengingat aplikasi secara keseluruhan dijalankan oleh server
<<<<<<<< 0 >>>>>>>>
Teknologi Pendukung / Software
Microsoft 2000 Server Family dan Windows NT 4.0 Terminal Server Edition
~ Citric Mainframe
~ Novel Netware
~ Unix X Server
~ Sun X Server
TCSC memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah dengan biaya yang lebih kecil daripada menggunakan PC Desktop yang lengkap
<<<<<<<< 0 >>>>>>>>
Beberapa keunggulan TCSC
~ Menurunkan biaya maintenance
~ Update anti virus dilakukan hanya pada server
~ Thin Client tidak memerlukan HardDisk dan HardWare yang cangih
~ Installasi software berlisensi hanya pada server
Memperbarui Koneksi Internet Dial-Up yang sering mengalami Request Time Out.
Koneksi yang tidak stabil biasanya disebabkan oleh adanya ganguan yang timbul dalam kabel yang dipakai dalam Dial-Up, hal ini dapat dilihat dengan cara mengecek coneksi dengan mengangkat gagang telepon pada saat iInternet tidak digunakan atau tidak terkoneksi ke internet, jika terdengar suara yang berantakan berarti koneksi mengalami ganguan, hal ini disebabkan karena banyaknya penguna yang terkoneksi ke ISP pada saat yang sama sehingga terjadi tabrakan data pada server ISP.
Menghubungkan dua PC HUB/SWITCH menggunakan dua cara
~ Menggunakan kartu jaringan baik berbasis kabel atau nirkabel (wireless). Dengan keuntungan jaringan yang akan dibangun akan mempunyai sifat yang sama dengan jaringan LAN berbasis HUB/SWITCH.
~ Dengan DCC (Direct Cable Connection) via port paralel hanya membutuhkan kabel khusus DCC dan konfigurasi yang terdapat dalam sistem operasi.
Sekilas Tentang DHCP Server
Merupakan server yang menyediakan layana DHCP (Domain Host Configuration Protocol). DHCP administrator mengalokasikan alamat IP untuk setiap Client mempunyai IP Otomatis dengan syarat Client Harus terhubung dengan jaringan.
Jaringan MESH
Jaringan MESH merupakan jaringan yang tinggi dengan kecepatan Megabit berbasis IP, dan bersipat lebih baik. Dengan cara kerja yang baik pula yaitu dengan memilih jaringan yang lebih lancar ketika sisi jaringan memiliki lalulintas yang padat dengan frekwensi radio dan tidak harus saling tertampak antara jaringan yang lain dan tidak perlu tower untuk saling berhubungan dengan jaringan.
Tip dan Trik Optimasi Lan
~ Hapus Protokol yang tidak perlu
~ Update Driver terbaru untuk komputer jaringan
~ Pengelolaan data menggunakan Switch bukan melalui HUB
~ Jauhkan kabel dengan sumber listrik agar data tidak mengalami kerusakan
~ Jarak antara PC tidak boleh melebihi batas maksimal 100m
Konfigurasi Router melalui Network
Dengan cara ini, Router dapat dikonfigurasi dengan PC yang terhubung dengan Router melalui network. Cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat konfigurasi dan memodifikasi konfigurasi pada router. Hal ini dikarenakan sebuah router hanya akan terhubung ke network jika Network Interface-nya sudah terkonfigurasi dengan benar. Di sisi lain, cara ini juga mempunyai kelebihan diantaranya, network administrator lebih leluasa menempatkan komputer untuk memodifikasi konfigurasi router. Network administrator bisa menempatkan komputer di mana saja, asalkan komputer tersebut bias terhubung ke Router melalui jaringan dan Network administrator membutuhkan applikasi telnet untuk mengkonfigurasi Router tersebut.
<<<<<<<< 0 >>>>>>>>>
Langkah-langkah menggunakan telnet pada PC dengan Sistem Operasi Windows:
~ Jalankan command prompt (atau MS DOS prompt pada Windows 95, 98, . . .)
~ Ketik perintah berikut pada command prompt:
C:\> telnet IP-address-Router
Contoh:
C:\> telnet 172.16.148.1
Pendidikan Agama oleh Bapak Amin RAD-NET
Dikutip dari buku karangan Yusuf Mansyur berjudul “Mencari Tuhan Yang Hilang”. tertera pada surat Al-An’am ayat 44 berisikan tentang “Kelupaan orang-orang akan peringatan Allah”.
Dari pernyataan tentang Firman Allah, bahwasannya banyak pertanyaan dari orang Islam, “Mengapa Allah menurunkan rezki-Nya kepada sebagian besar orang-orang yang melupakan-Nya dari pada orang-orang yang beriman kepada-Nya?”. Dan itu bukan merupakan rizki-Nya melainkan azab yang diturunkan-Nya, Allah akan menyiksa orang-orang kafir itu ketika mereka dalam keadaam senang dan gembira, dan mereka lalu terpojok serta terjepit akan masalah atau azab baik masalah pribadi atau keluarga yang menimpa mereka.
Dari pernyataan diatas, maka kita dapat menarik kesimpulan. Bahwa janganlah kita sekali-kali melupakan Allah baik ketika waktu sibuk atau lapang, ketika dikantor atau dilapangan. Dan janganlah kita takabbur akan rizki yang telah diberikan-Nya, sesungguhnya Allah sewaktu-waktu akan mengambil kembali apa yang telah diberikan-Nya.
Cara berlangganan Akses Internet
> Pilih penyedia jasa layanan internet seperti RAD-NET atau paket data Operator Seluler dengan bandwith antara 250 MByte via 3G atau HSDPA
> Pilih yang Connect 24 jam seminggu
> Pilih yang memberikan Bandwith yang memadai
<<<<<<< 0 >>>>>>>>
Buat Koneksi Baru di XP
= Start – Control Panel
= New Connection  Wizard, enter / double click
= Connect to The Internet, next
= Set Up Connection Manualy, next
= Choose your ISP / Connect Using a BroadBand, next
> Entry the ISP name
> Entry some dialog
~ User Name
~ Password and Confirm Password
~ Finish
<<<<<<< 0 >>>>>>>>
Peralatan atau perangkat yang dibutuhkan
> Dial-Up
~ modem Dial-Up
~ Kabel
~ Saluran Telepon
> ADSL
~ modem ADSL / modem kabel Vision
~ Splitter
> Selular Operator
~ modem 3G / HSDPA connector PCMCIA / PC Express atau USB
Pengertian dan Prinsip Kerja LAN
LAN dapat definisikan sebagai network  atau jaringan sejumlah  sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleksgedung atau suatu kampus dan tidak  menggunakan media fasilitas komunikasi  umum seperti telepon, melainkan pemilik dan  pengelola   media   komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN  dibatasi   oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri menjadikan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar  data. LAN yang umumnya menggunakan hub, akan mengikuti  prinsip   kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena Hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu.
<<<<<<< 0 >>>>>>>>
Komponen-komponen Dasar LAN
> Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu   sistem komputer. Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer yang  besar  seperti  sistem  minicomputer, bahkan suatu mainframe.Workstation dapat bekerja sendiri dapat pula  menggunakan jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.
> Server
Perangkat keras (hardware) yang  berfungsi untuk   melayani  jaringan dan workstation yang terhubung  pada  jaringan tersebut.pada umumnya sumber daya (resources)   seperti  printer, disk, dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para  pemakai  di  workstation  berada  dan bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya  dikenal  disk server, file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa fungsi pelayanan sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar